PENGALAMAN MENGIKUTI SELEKSI CGP TAHAP 1 ANGKATAN 5 TAHUN 2021

 

            

   PENGALAMAN  MENGIKUTI  SELEKSI CALON GURU PENGGERAK (CGP) TAHAP  1 ANGKATAN   5

             OLEH: Siti Kalimah

 

               Pada mulanya saya tidak tertarik dengan program rekrutmen Calon Guru Penggerak (CGP) yang diadakan oleh Kemdikbudristek. Kepala sekolah meminta kepada semua guru yang ada di sekolah saya yang memenuhi syarat agar mengikuti tes seleksi rekrutmen  CGP di sekolah saya. Kebetulan ada lima guru, termasuk saya . Saya mencoba untuk mengikuti permintaan kepala sekolah untuk mendaftar sebagai CGP agar sekolah saya ada CGP nya. Saya mempersiapkan diri dan mendaftar mengikuti ketentuan syarat pendaftaran yang ditentukan. 

             Sebagai persyaratan untuk mendaftar CGP angkatan 5, saya mengikuti panduan yang ditetapkan antara lain:   1. Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Non PNS sekolah negeri atau swasta.
                                       2. Memiliki akun guru (SIM PKB) di dapodik
                                       3. Memiliki kualifikasi ijazah S1/D4
                                       4. Pengalaman mengajar minimum 5 tahun
                                       5. Masa purna tugas tidak kurang dari 10 tahun
Setelah saya tahu persyaratan di atas, saya buka SIM PKB dan juga saya berkunjung di laman http://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/  selanjutnya saya daftar dan mengunggah beberapa dokumen yang dibutuhkan atau disyaratkan, antara lain biodata, surat rekomendasi, dukungan kepala sekolah, kemudian menjawab/mengisi CV dan  esai sesuai dengan pengalaman yang saya miliki. Selanjutnya tinggal menunggu hasilnya dengan penuh harapan dan disertai rasa deg deg sar.
              Adapun time line rekrutmen CGP angkatan 5 adalah sebagai berikut:



Setelah menanti beberapa bulan akhirnya keluarlah pengumuman hasil seleksi CGP tahap 1 angkatam 5. Nama saya ternyata ada di dalam lembar pengumuman tersebut. Alhamdulillah saya semakin tertantang untuk melanjutkan seleksi berikutnya yaitu seleksi CGP tahap 2.angkatan 5. Pada seleksi tanap 1 ini, saya dan keempat teman sekantor saya lolos semua.    

              Pengalaman mengikuti seleksi rekrutmen CGP  tahap 1 angkatan 5 ini luar biasa. menjawab dengan mengisi kolom esai yang lumayan banyak dan menguras energi pikiran karena pertanyaannya membutuhkan jawaban yang analitik dan berbasis fakta di lapangan. Tidak boleh mengarang atau plagiasi. Harus benar-benar dari pengalaman dan hati nurani. Benar-benar soal/pertanyaan HOTS yang memerlukan berpikir tingkat tinggi.😄 
                Selain itu juga ditentukan jumlah karakter jawaban yang harus ditulis. Sungguh pengalaman yang luar biasa bagi saya. Senang mengikutinya karena menambah khazanah keilmuan tersendiri. Ternyata apa yang telah saya usahakan membuahkan hasil yang menyenangkan yaitu saya lolos pada seleksi rekrutmen CGP tahap 1 angkatan 5. Alhamdulillah.....masih ada seleksi berikutnya.....siap berproses .....  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CEK NAMAMU DI GURU PENGGERAK A10 DAN A11 2023