GELAR KARYA PILOT PROJECT TINGKATKAN KREATIVITAS

                      DAN INOVASI  GURU PENGGERAK

Oleh: Siti Kalimah

Sabtu-Minggu 17-18 Juni 2023 Kabupaten Ngawi mengadakan kegiatan "Gelar Karya" guru penggerak angkatan 5. Gelar karya guru penggerak ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran, baik bagi guru penggerak atau siswanya. 

   

              Inovasi pembelajaran yang berpihak pada siswa adalah tujuan kurikulum merdeka. Dalam proses pembelajaran siswa aktif dan bebas berekspresi sesuai dengan tema yang diberikan guru. Siswa bebas belajar sesuai dengan gaya belajar masing-masing sehingga pembelajaran menjadi diferen. Guru hanya membimbing siswa dalam belajar dan siswa bebas belajar sesuai keinginan, minat dan bakatnya sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan bermakna.



Kreativitas produk dan hasil karya banyak memanfaatkan limbah di sekolah. Seperti pembuatan kerajinan yang bermanfaat dari limbah sendok makan, sedotan, gagang es, kulit jagung, botol aqua, kulit telur, dan lain sebagainya. Produk makanan berupa pemanfaatan aset sekolah seperti tanaman toga di lingkungan sekolah, hasilnya bisa dibuat jamu tradisional, untuk minuman kalangan sendiri di sekolah ataupun di pasarkan. Tanaman sayuran seperti lombok, terong dan lain sebagainya, juga dimanfaatkan, Tanaman hias yang dikelola oleh siswa juga baik untuk green House di lingkungan sekolah. Hal ini tentu sesuai dengan aset yang dimiliki sekolah. Oleh karena itu guru penggerak haruslah mampu mengidentifikasi aset dan mengelolanya dengan melibatkan siswa sebagai "Sosial Agency"  pemimpin pembelajaran. Guru mampu  memberdayakan potensi siwa dalam mewujudkan kepemimpinan siswa dalam pembelajaran.

Ketrampilan pentas seni dilakukan oleh siswa maupun guru dengan menampilkan kreasi tari daerah yang ada di Indonesia atau berupa senam profil pelajar pancasila. Hal ini dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap seni daerah yang heterogen dan mendalami makna bineka tunggal ika yang merupakan kunci persatuan dan kesatuan dalam perbedaan yang menjadi cirikhas bangsa Indonesia yang tercinta.

Dalam kegiatan yang diadakan di Alun-alun Merdeka Minggu, 18/06/2023 tersebut melalui sambutannya Bupati Ngawi memberikan apresiasi kepada seluruh guru penggerak yang menebar dampak positif dan motivasi pada peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Ngawi.

Dalam sambutannya Bupati Ngawi mwngatakan: "Kami tentu sangat mengapresiasi bagaimana proses para guru penggerak. Secara implementasi sudah bisa dirasakan kemanfaatannya oleh seluruh siswa".Sebagai indikator terkait evaluasi monitoring peserta didik yang menunjukkan kemampuannya untuk mulai aktif, kreatif, dan inovatif.

"Anak-anak mulai memperlihatkan banyak kreasi, Hal tersebut dapat membentuk karakter yang kuat, budi pekerti yang baik, dan menumbuhkan mental yang kuat". kata Bupati. Dalam kegiatan gelar karya tersebut, hadiah dibagikan oleh Bupati Ngawi kepada para pemenang dengan beberapa kategori, yaitu Inovasi pembelajaran, kategori produk dan hasil karya, dan pentas seni dari guru penggerak.

Kegiatan seperti ini hendaknya sering diadakan sebagai motivasi para guru dan siswa untuk selalu berkarya dan berinovasi dalam pembelajaran sehingga akan berdampak pada kemajuan pendidikan di Kabupaten Ngawi demi mewujudkan siswa yang memiliki profil pelajar pancasila.  

Salam Literasi!

  

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CEK NAMAMU DI GURU PENGGERAK A10 DAN A11 2023