MARI MENJADI BAGIAN DARI TRANSFORMASI PENDIDIKAN iNDONESIA.

 



          Setelah selesai mengikuti pendidikan guru penggerak angkatan 5 saya mencoba mengikuti program berikutnya yaitu rekrutmen pengajar praktik CGP  angkatan 10. Bermula dari rasa penasaran kemudian saya beranikan diri untuk mencoba mengikuti program kemdikbudristek ini dengan harapan saya mendapatkan ilmu baru sembari menularkan praktik baik program CGP yang pernah saya ikuti.  

                Alhamdulillah lolos CPP angkatan 10 dari tahap satu mengunggah persyaratan administrasi dan mengisi esai, kemudian lolos tahap dua tes wawancara, dan selanjutnya tahap tiga mengikuti pembekalan CPP A-10 kelas 70 dari mulai tanggal 10 Oktober sampai dengan 28 Nopember 2023 secara daring FULL TIME mulai dari jam 07.00 sampai jam 17.00 setiap harinya selama 15 hari. Luar biasa berjibaku dengan instruktur dan guru-buru hebat dalam ruang kolaborasi dan pemahaman materi pembekalan lokakarya dan pendampingan. 





                        Keseruan dan kebingungan serta kehebohan dalam praktik fasilitasi dalam ruang digital merupakan kesan yang dalam bagi saya. Saya seperti digodok dalam kawah condrodimuko...namun semua itu menambah keyakinan saya untuk mempersiapkan diri dalam aksi lokakarya dan pendampingan nanti bersama CGP angkatan 10 yang hebat-hebat tentunya. Bagi saya ini adalan sebuah pembelajaran dan pengalaman yang menarik.

                         Akhirnya saya lolos dalam pembekalan ini dan saya mendapatkan sertifikat Pembekalan Calon Pengajar Praktik Pendidikan Guru Penggerak A-10 tahun 2023. Kini saya menunggu regulasi dari kemendikbudristek untuk melaksanakan pendampingan CGP angkatan 10 selama   6 bulan kedepan. Semoga Allah memberi kelancaran dan kemudahan dalam menjalankan tugas  ini, Aamiin.                        
                         Trik lulus CPP versi saya : mengisi Curriculum vitae (CV) sesuai dengan pengalaman. menyiapkan dokumen penting yang diminta untuk menguploud di simPKB secara benar,   mengisi Esai. Dalam mengisi esai ini haris hati-hati dan teliti, jawaban sesuai dengan fokus yang ditanyakan, dijawab sesuai dengan pengalaman yang dimiliki,  perhatikan jumlah karakter yang diminta oleh sistem di simPKB, ada beberapa esai yang harus menyesuaikan jumlah minimal dan maksimal karakter dan ini harus diperhatikan dengan cermat. selanjutnya pada tahap wawancara jawaban dialog wawancara sesuai dengan pengalaman yang dimiliki selama ini. Bagi yang tidak dari lulusan guru penggerak ada tes simulasi mengajar. Kunci simulasi  mengajar tampil secara interaktif dengan murid-murid yang sedang diajar sesuai RPP yang diunggah dalam simPKB.  Oke demikian sekelumit pengalaman saya, semoga dapat menginspirasi para pembaca dan salam guru penggerak!.Marilah menjadi bagian dari transformasi pendidikan Indonesia. Salam sukses.
 

Komentar

  1. Salam sukses bagi teman-teman yang sedang berjuang mengikuti seleksi CGP A-11 dan CPP A-11.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CEK NAMAMU DI GURU PENGGERAK A10 DAN A11 2023