MENULIS BUKU MAYOR DALAM DUA MINGGU
Pelatihan Belajar Menulis PGRI
Pelatihan ke 6
Gelombang 25
Hari / Tgl Senin, 30 Mei 2022
Tema Menulis Buku Mayor Dalam Dua Minggu
Narasumber Prof. Dr. Richardus Eko Indrajit
Moderator Aam NurhasanahBismillah, Pelatihan diawali dengan perkenalan dari moderator, ibu Aam Nurhasanah dari Cipanas, Kab. Lebak Banten. Alkisah, ibu Aam dulunya bukan penulis buku mayor tetapi sama seperti para peserta kelas BM ini . Beliau dahulu ada di kelas BM gelombang 12. Berawal dari menerima tantangan dari Prof. Ekoji yaitu menulis dalam 2 minggu. Nah berawal dari mencoba-coba, ibu Aam lolos seleksi dan naskahnya tembus ke penerbit mayor PT ANDI OFFSET YOGYAKARTA.
Penerbit ANDI OFFSET akan menerbitkan buku dalam bentuk fisik dan digital (E-Books) Buku kita akan di pajang di Rak -rak toko besar seperti Gramedia. Setiap angkatan yang lolos bersama Prof. Ekoji diberi nama yang berbeda-beda. seperti contoh angkatan pertama namanya PELOPOR, kedua namanya SEPTEMBER CERIA, angkatan ketiga OKTOBER IMPIAN, dan seterusnya.
Dalam pelatihan, moderator juga mengenalkan profil narasumber seperti di bawah ini,
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Richardus_Eko_Indrajit
Books Publication
1. Arnita, and Indrajit, R.E. (2021). Problem Based Learning. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
2. Baderan, J.K., and Indrajit, R.E. (2020). Design Thinking: Membangun Generasi Emas dengan Konsep Merdeka Belajar. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
3. Chan, K.C., Indrajit, R.E., Hii, A., and Goh, C. (n.d.). Technopreneurship: From Strategy to Results. TWAN Pte. Ltd.: Singapore.
4. Chan, K.C., and Indrajit, R.E. (n.d.). Project-Based Learning. TWAN Pte. Ltd.: Singapore.
5. Chan, K.C., Indrajit, R.E., Hii, A., and Goh, C. (n.d.). Doing Business Internationally and Globally. TWAN Pte. Ltd.: Singapore.
6. Hwa, C.E., Chan, K.C., Indrajit, R.E., and Goh, C. (n.d.). Design Thinking for Management, Leadership, and Technopreneurship. TWAN Pte. Ltd.: Singapore.
7. Indrajit, R.E. (2016). Tata Kelola Teknologi Informasi. Edisi Kedua. CV Preinexus: Yogyakarta.
8. Indrajit, R.E. (2016). Keamanan Informasi dan Internet. Edisi Kedua. CV Preinexus: Yogyakarta.
9. Indrajit, R.E. (2016). Perencanaan Strategis Arsitektur Teknologi Informasi. CV Preinexus: Yogyakarta.
10. Indrajit, R.E. (2016). Sistem dan Teknologi Informasi. Edisi Kedua. CV Preinexus: Yogyakarta.
11. Indrajit, R.E. (2016). Electronic Government in Action. Edisi Kedua. CV Preinexus: Yogyakarta.
12. Indrajit, R.E. (2016). Electronic Commerce. Edisi Kedua. CV Preinexus: Yogyakarta.
13. Indrajit, R.E. (2016). Electronic Government. Edisi Kedua. CV Preinexus: Yogyakarta.
14. Indrajit, R.E. (2016). Electronic Business. Edisi Kedua. CV Preinexus: Yogyakarta.
15. Indrajit, R.E. (2016). Analisa Cost-Benefit Investasi Teknnologi Informasi. Edisi Kedua. CV Preinexus: Yogyakarta.
16. Indrajit, R.E. (2016). E-Learning dan Sistem Informasi Pendidikan. Edisi Kedua. CV Preinexus: Yogyakarta.
17. Indrajit, R.E., Chan, K.C., and Ong, P. (2016). Integrated Project Management. Edisi Kedua. CV Preinexus: Yogyakarta.
18. Indrajit, R.E., and Djokopranoto, R. (2016). Manajemen Perguruan Tinggi Moderen. Edisi Kedua. CV Preinexus: Yogyakarta.
19. Indrajit, R.E., and Djokopranoto, R. (2016). Manajemen Outsourcing. Edisi Kedua. CV Preinexus: Yogyakarta.
20. Indrajit, R.E., and Djokopranoto, R. (2016). Business Process Reenginneering. Edisi Kedua. CV Preinexus: Yogyakarta.
21. Indrajit, R.E., and Djokopranoto, R. (2016). Supply Chain Management. Edisi Kedua. CV Preinexus: Yogyakarta.
22. Indrajit, R.E., and Djokopranoto, R. (2016). Electronic Procurement. Edisi Kedua. CV Preinexus: Yogyakarta.
23. Indrajit, R.E. (2014). Peranan Teknologi Informasi pada Dunia Pendidikan. Graha Ilmu: Yogyakarta.
24. Indrajit, R.E. (2014). Manajemen Organisasi dan Tata Kelola Teknologi Informasi. Graha Ilmu: Yogyakarta.
25. Indrajit, R.E. (2014). Konsep dan Strategi Keamanan Informasi. Graha Ilmu: Yogyakarta.
26. Indrajit, R.E. (2004). Kajian Strategis Analisa Cost-Benefit Investasi Teknologi Informasi. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
27. Indrajit, R.E. (2002). Electronic Government: Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
28. Indrajit, R.E. (2002). Konsep dan Aplikasi E-Business. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
29. Indrajit, R.E. (2002). Pengantar Konsep Dasar Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Elex Media Komputindo.
30. Indrajit, R.E. (2002). Teknik Searching Efektif di Internet. Elex Media Komputindo: Jakarta.
31. Indrajit, R.E. (2001). E-Commerce: Kiat dan Strategi Bisnis di Dunia Maya. Elex Media Komputindo.
32. Indrajit, R.E., and Ardiansyah. (2002). Menggunakan KDE. Elex Media Komputindo: Jakarta.
33. Indrajit, R.E., Chan, K.C., and Ong, P. (2004). Integrated Project Management. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
34. Indrajit, R.E., and Djokopranoto, R. (2011). Wealth Management untuk Penyelenggaraan Perguruan Tinggi. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
35. Indrajit, R.E., and Djokopranoto, R. (2011). Strategi Manajemen Pembelian dan Supply Chain. Grasindo: Jakarta.
36. Indrajit, R.E., and Djokopranoto, R. (2006). Konsep Manajemen Supply Chain: Cara Baru Memandang Mata Rantai Penyediaan Barang. Grasindo: Jakarta.
37. Indrajit, R.E., and Djokopranoto, R. (2005). Manajemen Persediaan. Grasindo: Jakarta.
38. Indrajit, R.E., and Djokopranoto, R. (2004). Manajemen Perguruan Tinggi Moderen. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
39. Indrajit, R.E., and Djokopranoto, R. (2004). Proses Bisnis Outsourcing. Grasindo: Jakarta.
40. Indrajit, R.E., and Djokopranoto, R. (2003). Dasar, Prinsip, Teknik, dan Potensi Pengembangan E-Procurement. Dinastindo: Jakarta.
41. Indrajit, R.E., and Djokopranoto, R. (2002). Business Process Reengineering. Grasindo: Jakarta.
42. Indrajit, R.E., and Permono, A. (2005). Manajemen Manufaktur: Suatu Tinjauan Praktis. Pustaka Fahima: Yogyakarta.
43. Indrajit, R.E., Prastowo, B.N., and Adam, A.L. (2002). Database Server PostgresSQL. Elex Media Komputindo: Jakarta.
44. Indrajit, R.E., Prastowo, B.N., and Rudianto, R. (2002). Administrasi Sistem Linux Redhat. Elex Media Komputindo: Jakarta.
45. Indrajit, R.E., Rudianto, D., and Zainnuddin, A. (2005). E-Government in Action: Ragam Kasus Implementasi Sukses di Berbagai Belahan Dunia. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
46. Indrajit, R.E., and Rudianto, D. (2002). Sistem Operasi Linux: Desain dan Implementasi. Elex Media Komputindo: Jakarta.
47. Indrajit, R.E., Rusli, A., and Dharma, M.A. (2005). Memanfaatkan Search Engine untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran. Elex Media Komputindo: Jakarta.
48. Indrajit, R.E, and Taufik, S.B. (2002). Pemrograman Linux Assembly NASM dan GAS. Elex-Media Komputindo.
49. Indrajit, R.E., Turner, T.I.S, and Ardiansyah. (2002). Open Source Linux: Membangun Kekuatan Baru Teknologi Informasi Dunia. Elex Media Komputindo: Jakarta.
50. Indrajit, R.E., and Yuliardi, R. (2002). Bash Scripting untuk Administrasi Sistem Linux. Elex Media Komputindo: Jakarta.
51. Isbani, T., and Indrajit, R.E. (2020). Guru Milenial: Strategi Sukses Interaksi Online. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
52. Isminatun, and Indrajit, R.E. (2021). Blended Learning. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
53. Israeil, E.H., and Indrajit, R.E. (2020). Kelas Maya: Membangun Ekosistem E-Learning di Rumah Belajar. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
54. Isriyah, M., and Indrajit, R.E. (2020). Implementasi Social Presence dalam Bimbingan Online: Dalam Konteks Perspektif Komunikasi Personal, Interpersonal, dan Impersonal. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
55. Mahayani, K.E., and Indrajit, R.E. (2021). Multiple Intelligence. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
56. Mardhiyatin, H., and Indrajit, R.E. (2021). Metamorfosis Dunia Pendidikan Masa Kini. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
57. Musiin, and Indrajit, R.E. (2020). Literasi Digital Nusantara: Meningkatkan Daya Saing Generasi Muda Melalui Literasi. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
58. Nurhabibah, and Indrajit, R.E. (2021). Implementasi Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
59. Nurhabibah, and Indrajit, R.E. (2020). Cyber Pedagogy. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
60. Nurhasanah, Aam, and Indrajit, R.E. (2020). Parenting 4.0. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
61. Patandean, Y.R., and Indrajit, R.E. (2020). Digital Transformation: Generasi Muda Indonesia menghadapi Transformasi Dunia. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
62. Patandean, Y.R., and Indrajit, R.E. (2020). Flipped Classroom. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
63. Rafiqo, H., and Indrajit, R.E. (2021). Guru Milenial dan Tantangan Society 5.0. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
64. Rafiqo, H., and Indrajit, R.E. (2020). Massive Online Open Courses (MOOC). Penerbit ANDI: Yogyakarta.
65. Rahayu, T.S., and Indrajit, R.E. (2020). Belajar Semudah Klik: Membangun Ekosistem Ubiquitous Learning dalam Konsep Merdeka Belajar. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
66. Sumarno, D., and Indrajit, R.E. (2020). Experiential Based Learning. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
67. Susanti, I.J., and Indrajit, R.E. (2022). Experiential Based Learning: Pembelajaran Berbasis Pengalaman. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
68. Susanti, I.J., and Indrajit, R.E. (2020). Strategi Pembelajaran Jarak Jauh. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
69. Utami, D.W., and Indrajit, R.E. (2020). Menyongsong Era Baru Pendidikan: Pengembangan Kompetensi TIK Guru Berdasarkan UNESCO ICT Competency Framework for Teachers. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
70. Wati, R., and Indrajit, R.E. (2021). Knowledge Management: Mengintegrasikan Digital Tools dalam Rencana Pembelajaran. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
71. Wijiatun, L., and Indrajit, R.E. (2021). Merdeka Belajar. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
72. Wijiatun, L., and Indrajit, R.E. (2020). Strategi Pembelajaran Jarak Jauh dalam Infrastruktur yang Buruk. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
73. Wulandari, E., and Indrajit, R.E. (2021). Deep Learning. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
74. Yudhiyanti, and Indrajit, R.E. (2020). Distance Learning. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
75. Yulianti, L.E., and Indrajit, R.E. (2020). Netiquette. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
76. Yunita, N.P., and Indrajit, R.E. (2020). Digital Mindset: Menyiapkan Generasi Muda Indonesia Menghadapi Disrupsi Teknologi. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
77. Yunita, N.P., and Indrajit, R.E. (2021). Gamification. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
78. Yuwono, A., and Indrajit, R.E. (2020). Pengantar Konsep Dasar Design Thinking: What, Why, Where, When, Who, and How. Penerbit ANDI: Yogyakarta.
Cara agar kita bisa menulis dalam 2 minggu hanya dengan memilih satu judul di Chanel Prof. EKOJI CHANEL dan mengembangan TOC(Table of Content) atau daftar isi. Peserta akan menjadi penulis pertama sedangkan Prof. Eko akan menjadi penulis kedua
HANYA SAJA SYARAT MENULIS DALAM 2 MINGGU KALI INI, PESERTA TIDAK BOLEH MEMILIH JUDUL BUKU YANG SUDAH DI PILIH PENULIS MAYOR TERDAHULU. JADI, USAHAKAN PILIH JUDUL BUKU DI LUAR JUDUL-JUDUL YANG SAYA BERIKAN.
- Di channel Youtube EKOJI CHANNEL telah ada banyak topik baru yang dapat dipilih para peserta yang ingin karyanya diterbitkan.
- Cara menulis buku dengan mudah adalah menuliskan hal-hal yang disampaikan oleh orang lai.
- Periode bulan Juni ini, nRsumber memberi nama grupnya sebagai JUNI MERDEKA. Peserta bebas memilih topik dari video di EKOJI CHANNEL maupun presentasi yang dapat ditemukan pada kanal Youtube lainnya.
- Tantangan malam ini hanya tiga langkah. 1. Pilih judul di EKOJI CHANNEL. 2. Tuliskan apapun yang saya katakan dalam kanal tersebut. 3. Perlihatkan draft tulisan anda kepada saya. Dikutip dari narasumber.
- Kebiasaan menulis dimulai dari kecil, yaitu pelajaran mengarang dalam Bahasa Indonesia. Dengan senang menulis apa saja. Mulai dari menceritakan mimpi, kekaguman akan alam sekitar, kisah lucu yang ditemui sehari-hari, dan lain-lain. Awalnya memang terasa sulit menorehkan kata-kata di kertas kosong. Namun kalau sudah satu kalimat pertama mengalir, tiba-tiba sisanya menjadi lancar dan susah distop.
- Setelah direnungi, kesenangan menulis adalah sebagai akibat dari kegemaran membaca buku. Semenjak kecil, Prof Ekoji senang membaca buku. Ayah ibunya tidak pernah mau membelikan mainan. Tapi kalau buku, mereka dengan senang hati membelikannya. Ketika SD, buku bacaannya beragam. Mulai dari yang ringan-ringan seperti komik Tintin, Asterix, Godam, Gundala, Donald Bebek, dsb. atau langganan majalan Bobo, Kuncung, dan Kawanku.... hingga yang berat-berat seperti karya Agata Christie, Karl May, Alfred Hitchcock, dan Mark Twain.
- Banyak membaca membuat kosa kata yang dikenal menjadi semakin banyak. Apalagi ketika SMA beliau diharuskan membaca puluhan karya sastra dari Pujangga Lama maupun Pujangga Baru. Kami diwajibkan membuat sinopsis oleh guru Bahasa Indonesia. Alhasil, selama SMA berhasil menelurkan 120 sinopsis.
- TOPIK DIAMBIL DARI EKOJI CHANNEL. Dimana kita diharapkan memilih dan menulis topik dari presentasi beliau. KEmudian nanti akan diperkaya dengan sumber lain yang akan beliau berikan. Intinya bukan pengetahuan, tapi adanya MOTIVASI. Motivasi ingin belajar dan mau membaca.
- Menulis buku mayor yang dimaksud di sini adalah buku yang targetnya diterbitkan oleh penerbit terkemuka di Indonesia, dalam hal ini adalah Penerbit ANDI. Karya ini diharapkan dibaca oleh banyak guru-guru untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mereka mengenai suatu topik baru dalam dunia pendidikan.
- Format penulisan draft naskah TNR 12, margin normal, spasi 1,5
- Menulis sebenarnya bukan merupakan suatu tujuan, tapi jalan untuk mencapai cita-cita yang lebih besar. Ketika masih remaja, mempunyai cita-cita ingin keliling Indonesia namun dibayarin orang lain. Untuk itulah beliau banyak menulis mengenai berbagai hal, dengan harapan ada pembaca yang mau mengundang saya mengisi seminar. Dan ternyata hal tersebut membuahkan hasil. Buku pertama di tahun 2001 berhasil membawanya mengelilingi 27 provinsi ketika itu.
- Saran narasumber: Tulislah sesuatu yang anda SUKAI dan KUASAI.
- Buku-buku yang hasil karya para guru menurut Prof Ekoji jenis karya ilmiah populer. Dinyatakan dalam bahasa yang mudah dimengerti oleh banyak kalangan. Judul-judul dipilih sesuai dengan konsep termutakhir, karena kita ingin agar guru-guru Indonesia update. Sesuatu dikatakan ilmiah apabila terstruktur, sistematis, berbasis data, dan ada referensinya. Dan semua itu dilakukan dengan baik oleh para penulis pemula yang hebat.
- Pengalaman terdahulu memperlihatkan, bahwa dengan menuliskan presenatsi yang ada di EKOJI CHANNEL, para penulis pemula bisa mendapatkan 50 halaman. Kemudian akan memberikan para penulis referensi tambahan, sehingga materi bisa diperkaya menjadi lebih dari 100 halaman. Agar semuanya sistematis, maka langkah awalnya adalah membuat Table of Content atau Daftar Isi.
- Peserta yang bergabung dalam tantangan, akan diberikan panduan dan bimbingan dari mentor yang ditunjuk oleh Prof. Eko. untuk menemani para peserta dan memberikan contoh draft naskah beserta TOC nya.
- Jika TOC sudah lengkap atau kesulitan nanti Prof. Eko suka kasih ide baru untuk kembangkan bab. Berdasarkan referensi beliau, jadilah buku saya dan teman-teman BM sebelumnya. Begitulah Prof. Eko memberikan pendampingan sampai buku kita lolos seleksi. Intinya, berani mencoba dan jangan takut salah. Belajar dan terus berjuang.
- Ini alamatnya: https://www.youtube.com/channel/UCa3LCo2Zjy_h_NaWz1V2jOw
- Iniyangsudahdibagipertopik: https://www.youtube.com/channel/UCa3LCo2Zjy_h_NaWz1V2jOw/playlists
Pelatihan diakhiri dengan memotivasi para peserta intik mengikuti tantangan di atas, selamat mengikuti teman-teman semua semoga bertambah ilmu dalam kepenulisan dan terimakasih pula kepada narasumber yang hebat malam ini, semoga ilmunya menjadi amal saleh di sisi Allah swt, Aamiin.
Salam Literasi,
Komentar
Posting Komentar